Riwayat Singkat Ibunda Aisyah ra.

Siapa ummat islam yang tidak mengenal sosok cantik, cerdas, dan istri Rasulullah SAW yang terkenal dengan pipinya yang merah merona? Pastilah mengerti. Ummul mukminin yang satu ini benar-benar wanita yang dicinta, bagaimana tidak beliau memiliki anugerah yang nyaris sempurna dikalangan para wanita dulu sampai sekarang.

(keterangan ini saya ambil dari buku karangan Ahmad Ibnu Salim Baduwilan, Aisya ra. yang cerdas yang dicinta) 

 Selain cantik, dan memiliki akhlaqul karimah, putri Abu Bakar As-shidiq ini adalah wanita yang sangat cerdas, dibuktikan dengan ingatan yang kuat, pada ujaran beliau:

 لَقَدْ نَزَلَ بِمَكَّةَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِنِّيْ لَجَارِيَةٌ أَلْعَبُ
 (بَل السَّاعَةُ مَوْعِدُهُمْ وَ السَّاعَةُ أَدْهَى وَ أَمَرُّ)
 "Ayat berikut (QS Al-Qamar [54]: 46) turun kepada Nabi Muhammad  SAW di Makkah saat aku masih kanak-kanak yang suka bermain : 'Sebenarnya hari Kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan Kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit.'" 
  
Beliau juga seorang yang ahli hadits dan tafsir, mengajar kaum wanita dan menjadi tempat bertanya para sahabat dalam berbagai masalah agama. Dan adapun yang paling penting adalah beliau menyaksikan sendiri turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. 

Serta kedudukan mulia ibu Aisyah menurut Ahmad Ibnu Salim  tidak lepas dari faktor berikut ini :
  • Ketajaman otak dan kekuatan hafalannya yang dibuktikan dengan banyaknya Hadits yang ia riwayatkan dari Nabi SAW. 
  • Pernikahannya diusia dini dengan Rasulullah SAW dan tumbuh kembangnya di lingkungan kenabian, sehingga menjadi murid Nabi (tilmiidzah nabawiyyah). 
  • Banyaknya wahyu yang turun sewaktu Nabi SAW berada di kamar Aisyah. Inilah yang membuatnya lebih unggul dibanding istri-istri Nabi SAW lainnya. 
  • Kecintaannya kepada ilmu dan pengetahuan. Ia suka bertanya dan meminta penjelasan jika tidak mengetahui suatu masalah atau jika ada permasalahan yang dianggapnya rumit.
Demikian sedikit dari beribu-ribu kecerdasan Ibu Aisyah semoga bermanfaat, maaf hanya sedikit :D
                                                                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJAZ DALAM ILMU BALAGHAH

FASHL DAN WASHL

Ilmu Balaghah